Rabu, 27 Maret 2013

Open Source di Windows



OpenOffice.org

Pengguna windows tidak asing lagi dengan paket office dari microsoft, yaitu microsoft office yang didalamnya terdapat aplikasi word, excel, powerpoint dll. Harga paket office dari microsoft tentu tidak murah. Adakah alternatif untuk MS office?? Tentu seja ada, yang paling menonjol kemamp[uanya adalah openoffice.org. openoffice.org merupakan paket office yang kaya fitur, didalamnya terdapat aplikasi word processor, spreadsheet, web page editor, presentation dan draw.        
                           
Yang menarik dari openoffice.org adalah fitur untuk export PDF dan Flash dengan cukup sekali klik. Pengolah kata yang bernama writer merupakan saingan MS word yang digunakan untuk mengetik dokumen



dan aneka macam berkas, brosur, laporan. Sementara aplikasi spreadsheet bernama openoffice.org calc kemampuanya tidak kalah dengan MS excel, calc memiliki fitur-fitur untuk kalkulasi, analisa data, visualisasi serta kemampuan menyuguhkan bagan 2D dan 3D. Aplikasi presentasi, openofice.org impress membantu anda untuk membuat presentasi yang menarik dengak kemampuan membuat slide multimedia. Aplikasi openoffice.org draw memilki kemampuan untuk membuat ilustrasi 3D atau diagram yang dapat i masukan ke dokumen maupun presentasi. Menurut saya, paket openoffice.org juga memiliki kekurangan, yaitu agak lambat. Namun dilihat dari kemampuanya, kelemahan tadi mungkin tidak menjadi masalah. Yang membuat saya terkejut, ternyata openoffice dapat membuka dan mengedit file yang dihasilkan microsoft office 2007. Bagi yang memiliki komputer lama (sekelas pentium) dapat menggunakan paket office yang lebih ringan yaitu abiword. Open office dapat di download di http://www.openoffice.org.

GIMP

GIMP atau The GNU Image Manipulation Program merupakan aplikasi photo editing yang tangguh, cocok untuk retouching photo, memanipulasi photo dan banyak lagi. Fitur-fitur The GIMP antara lain paint tool dengan sub-pixel sampling untuk anti-aliased brush stroke berkualitas tinggi, gradient editor, layer dan layer mask hingga lebih dari 20 blending mode, export import image dalam berbagai format, unsharp mask, pokoknya banyak deh! Sebagian orang berpendapat The GIMP masih kalah dengan photoshop namun saya tidak sependapat. The GIMP memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki photoshop yaitu, ukuran file yang kecil dan tentu saja pengguna tidak akan dipusingkan dengan masalah lisensi. Hanya saja banyak pendapat bahwa interface GIMP agak aneh, walau begitu tetap mudah digunakan, hanya perlu pembiasaan saja. The GIMP adalah solusi tepat untuk editing photo. Silahkan kunjungi http://www.gimp.org.


FIREFOX



Mungkin semua orang setuju bahwa browser satu ini lebih bagus dari IE. Kelebihan browser ini adalah ringan, lebih gegas dan lebih aman. Terdapat fitur pop up blocking, yaitu menghentikan iklan popup yang cukup mengganggu kenyamanan browsing. Tabbed browsing yang memungkinkan membuka banyak web page dalam 1 window. Text zooming merupakan fitur untuk memperbesar atau memperkecil text agar mudah dibaca. Kemampuan firefox dapat ditingkatkan dengan menambah plug in untuk firefox. Firefox adalah browser yang mengedepankan sekuriti, mari kita gunakan firefox.


PIDGIN IM




Pidgin merupakan aplikasi instant messenger client, dahulu bernama GAIM. Pidgin mendukung banyak jaringan IM antara lain AIM, ICQ, MSN, Yahoo!, IRC, Jabber dan beberapa lainya. Pidgin dapat dikoneksikan kebeberapa jaraingan secara bersamaan. So, kita dapat ngobrol dengan kontak kita dalam waktu yang bersamaan. Pidgin memiliki banyak fitur pendukung antara lain file transfer, buddy icon, away message, typing notification dan MSN window. Ada juga plug in untuk pidgin antara lain plugin intuk penggantian text, extended message, spell checking dana masih banyak lagi.


Sumber
http://tuxlin.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar